Saturday, January 09, 2010

MINYAK ATSIRI dari keluarga JERUK-JERUKAN (CITRUS FAMILY)

Dari sekian ratus jenis minyak atsiri yang diperdagangkan di dunia, mungkin menurut saya keluarga tanaman yang paling banyak digunakan sebagai bahan baku minyak atsiri adalah keluarga jeruk-jerukan (genus Citrus). Sambil iseng menghabiskan waktu, saya mencatat ada sekitar 12 jenis minyak atsiri dengan nama dagang berbeda yang diproduksi dari tanaman famili Rutaceae ini (mungkin lebih dari 12 jenis, dan bila pembaca mengetahui yang lain silakan berbagi informasi di blog ini). Sayangnya, meskipun negara kita mengenal beranekaragam varietas jeruk namun hanya satu jenis minyak atsiri jeruk ini yang sudah diproduksi di Indonesia, yaitu minyak daun jeruk purut atau nama kerennya kaffir lime oil. Saya belum tahu sebabnya mengapa bisa demikian.

Beranekaragam minyak atsiri jeruk-jerukkan tersebut diambil baik dari bagian daun, bunga, maupun kulit buahnya (fruit peel). Sedangkan proses pengambilan minyaknya dengan cara pengepresan dingin (cold expression) untuk bagian kulit buahnya, distilasi uap (steam distillation) untuk bagian daunnya, dan distilasi air (water distillation – sistem rebus) untuk bunganya.

Berdasarkan data terakhir yang saya baca, minyak jeruk manis (sweet orange oil) merupakan minyak atsiri yang paling banyak di produksi di dunia (baca isi blog saya yang berjudul: Top 20 essential oil in the world). Nilai impor minyak jeruk-jerukan (terutama sweet orange oil) negara kita sangat tinggi yang terutama digunakan sebagai pewangi dan perisa makanan. Sebenarnya potensi aneka jenis minyak ini di Negara kita sangat besar mengingat keanekaragaman varitas jeruk yang kita miliki. Seyogjanya, untuk keperluan-keperluan yang membutuhkan minyak ini dalam skala kecil seperti untuk spa, aromaterapi, industri pewangi dan sabun skala UKM dapat diusahakan sendiri sehingga kita tidak perlu lagi mengimpornya.

Untuk lebih memperjelas pembaca, berikut saya sampaikan ke-12 jenis minyak atsiri dari tanaman jeruk-jerukkan. Siapa tahu ada dari kalangan penggemar minyak atsiri yang memiliki pasar untuk minyak atsiri tersebut dan pembaca lain yang memiliki sumber bahan bakunya sehingga bisa terjalin satu kerjasama untuk menambah satu lagi perbendaharaan minyak atsiri kita. Tentu disertai dengan photo-photo yang saya cukil dari beberapa situs dunia (catatan: karena saya tidak memiliki koleksi photo pribadi maka saya tampilkan website tempat photo tersebut diambil)

1. Sweet orange oil (Citrus sinensis) -> Negara produsen utama : Brazil dan USA
Minyak ini diambil dengan cara pengempresan dingin dari kulit buahnya. Juga bisa dilakukan proses penyulingan uap yang akan menghasilkan rendemen maksimal tetapi kualitas minyaknya rendah akibat dekomposisi oleh panas. Rendemen minyak berkisar antara 0.3% – 0.7% (berdasarkan berat buah jeruk)

2. Lime oil (Citrus aurantifolia) --> Negara produsen utama : Meksiko, Peru, Brazil, India, Argentina
Dihasilkan dari pengepresan dingin kulit buahnya. Juga bisa dilakukan proses penyulingan sari buahnya. Buah jeruk limau diambil sari buahnya dengan cara diparut, lalu sari buahnya disuling. Rendemen hasil penyulingan antara 0.2% - 0.35% (berdasarkan berat buah segar)

3. Lemon oil (Citrus limon) --> Negara produsen utama : Italia, Spanyol, dan USA
Diambil dari bagian kulit buahnya dengan cara pengepresan dingin maupun penyulingan uap. Tetapi jika digunakan penyulingan uap akan menghasilkan minyak dengan kualitas rendah. Rendemen minyak berkisar antara 0.35% - 0.65% (berdasarkan berat buah lemon).

4. Kaffir lime oil (Citrus hystrix) --> Malaysia, Indonesia, Thailand
Diambil dengan cara penyulingan uap daun (+rantingnya). Rendemen berkisar antara 0.5% - 0.8% (berdasarkan berat daun segar) selama sekitar 4 jam.

5. Mandarin oil (Citrus reticulata) --> Negara produsen utama : Italia dan Brazil
Diproses dengan cara pengepresan dingin bagian kulit buahnya. Rendemen berkisar antara 0.3 – 0.7% (berdasarkan berat buahnya).

6. Tangerine oil (Citrus tangerina), varitas lain dr citrus reticulata --> Negera produsen utama : Brazil, USA, Thailand
Diproses dengan cara pengepresan dingin bagian kulit buahnya. Rendemen berkisar antara 0.09 – 0.2% (berdasarkan berat buahnya).

7. Neroli oil (minyak bunga jeruk jenis (Citrus aurantium) --> Negara produsen utama : Tunisia, Perancis, Italia
Minyak ini diambil dari bagian bunga jeruk pahit. Diproses dengan teknik penyulingan air (sistem rebus) mengingat apabila dilakukan system uap maka antara bunga satu dengan bunga yang lain akan saling menempel dan membentuk gumpalan sehingga uap akan sulit terdistribusi merata di dalam ketel suling. Rendemen minyak berkisar antara 0.07% - 0.12% (berdasarkan berat bunga segar).

8. Petitgrain oil (minyak daun jeruk jenis (Citrus aurantium) --> Negara produsen utama : Italia, Spanyol, Perancis, Afrika bagian Utara, Paraguay and Haiti
Diproses dengan cara penyulingan uap dari daun jeruk pahit selama 2 - 3 jam dengan rendemen berkisar antara 0.2% - 0.3% (berdasarkan berat daun segar).

9. Bitter orange oil (minyak kulit jeruk jenis (Citrus aurantium) --> Negara produsen utama : Italia, Brazil, USA, Spanyol, Maroko.
Dikenal sebagai minyak jeruk pahit (Orange Bigarade Oil) yang diambil dengan cara pengepresan dingin dari kulit buahnya. Rendemen berkisar natar 0.15% - 0.33%.


10. Grapefruit oil (Citrus paradisi) --> Negara produsen utama : USA, South Africa, Brazil and Israel.
Diambil dengan cara pengepresan dingin bagian kulit buahnya. Rendemen sangat kecil hanya berkisar antara 0.06% - 0.085% (berdasarkan berat buah segar)


11. Bergamot oil (Citrus bergamia) --> Negara produsen utama : Italia
Minyak bergamot diambil dengan cara pengepresan dingin bagian kulit buahnya. Rendemen minyak berkisar antara 0.45% - 0.65% (berdasarkan berat buah segar)

12. Yuzu oil (citrus junos) --> Negara produsen utama : Jepang
Minyak yuzu diambil dengan cara pengepresan dingin bagian kulit buahnya. Rendemen minyak berkisar antara 0.09% - 0.12% (berdasarkan berat buah segar)

No comments:

Post a Comment

Silakan memberikan komentar untuk tulisan ini.......

Post a Comment