Tuesday, May 15, 2007

TANYA REFERENSI MINYAK AKAR WANGI

Question from Ariel Hazril

TANYA REFERENSI MINYAK AKAR WANGI

Assalamu'alaikum
Kang ferry apa kabar? saya Ariel Hazril G, alumni TK-2000 saya sekarang lagi S2 di TK ITB dan jadi asisten peneliti bantuin pa tatang dan pa tirto. Saya asli garut dan sekarang saya lagi aktif di Asgar muda, kebetulan sekarang asgar muda lagi mau ngadain bakti sosial di bidang teknologi untuk Garut. Salah satunya bidang yang akan digarap adalah akar wangi. Mungkin kang ferry juga sudah tau bahwa akar wangi merupakan khas garut dan sekarang lagi ada masalah, terutama efisiensi dan bahan bakar. Dan tentu saja masalah tata niaga. kayaknya ini mah masalah semua minyak atsiri....

kemaren kita punya ide untuk menggunakan uap panas bumi untuk industri akar wangi, karena lokasi industri akar wangi (samarang dan pasirwangi) berdekatan dengan PLTP baik itu kamojang ataupun darajat. Kemarin kita sudah menghubungi pihak PT Indonesia Power, PT chevron, Pertamina, BPPT dan Dinas pertanian Kab Garut. Alhamdulillah kita mendapatkan respon dan dukungan yang bagus dari semua pihak.

Nh untuk menunjang kegiatan tersebut, saya bermaksud meminta bantuan kang ferry mengenai referensi atau jurnal-jurnal ilmiah yang bagus tentang akar wangi. Karena saya sendiri belum punya pengalaman praktis di lapangan tentang minyak atsiri, hanya baca-baca aja. Mungkin Kang ferry punya referensi yang direkomendasikan buat kami.

Atau mungkin kita bisa ketemu untuk berdiskusi? soalnya saya memerlukan masukan banyak pihak untuk kesuksesan program tersebut. mengenai waktu dan tempat terserah kang ferry saja, saya insya Allah setiap hari kerja ada di bandung terus.

Hatur nuhun
wassalam
Ariel Hazril G

Jawaban Ferry :

Waalaikum'salam....
Dear Ariel..
Bagus sekali kalau punya ide2 seperti itu utk mengembangkan daerahnya sendiri.
Memang akar wangi itu banyak sekali masalah, baik agrobisnisnya sampai dengan pemasaran minyaknya. Cukup kompleks. Kebetulan saya juga mengusahakan sebuah penyulingan minyak daun cengkeh di Garut Selatan (Kec. Bungbulang), sekarang lg off karena musim hujan dan bahan bakunya tdk ada. Yg masih rutin jalan, penyuluingan myk pala di Kec. Ciawi - Bogor.

Kebetulan waktu kul di TK dulu saya sempat ikut KKN-ITB dan ditempatkan di Kec. Pasirwangi (dulu masih jadi satu dengan Kec. Samarang, tp sekarang sudah kec sendiri). Sempat juga kunjungi penyulingan minyak akar wangi di (kalau tidak salah desa Cintarakyat - Samarang). Juga sempat main2 ke PLTP Drajat - Chevron. Ide utk memanfaatkan waste steam dr PLTP sangat baik karena tentu saja akan memotong fuel cost. Meskipun memang harus dibangun di sekitar lokasi PLTP. Kalau tidak khan report bikin piping-nya, jgn2 energy-nya sudah loss begitu sampai ke lokasi penyulingan..hehe. Kemudian kalau org menyuling akar wangi biasanya menggunakan tekanan agak tinggi (sekitar 4 bar) krn kalau ketinggian minyaknya bisa gosong.
Kalau mau diskusi, Ariel bisa datang saja ke TK-ITENAS. Hubungi saja dulu di No.
0811-1100720. Hari Kamis - Minggu ini saya di luar kota.

OK, good luck buat program2nya.

-ferry-