Friday, January 02, 2009

Training Minyak Atsiri Gel. II, 20-21 Des 2008

Pada tanggal 20-21 Desember 2008 lalu telah terselenggara dengan lancar "Training Pengembangan Bisnis Perkebunan dan Penyulingan Minyak Atsiri (Gel. II)" di Grand Hotel Lembang (20 Des) dan Serangpanjang-Kab. Subang (21 Des) kerjasama dari PT Pavettia Atsiri Indonesia dan CV Cipta Selaras. Gelombang II ini diikuti oleh 20 peserta (dari 23 yang mendaftar) dan berasal dari Sumatera, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Dari segi persebaran daerah asal peserta ternyata masih lebih variatif peserta Training Gelombang I yaitu selain dari daerah-daerah di atas, juga peserta datang dari kalimantan, Sulawesi, dan Bali. Namun pada Gelombang II ditambahkan materi baru atas permintaan beberapa peserta yang mengkonfirmasi sebelumnya yaitu "Teknik Produksi Minyak Atsiri Bunga-bungaan" yang dikhususkan pada proses ekstraksi pelarut (solvent extraction) dan adsorpsi lema dingin (enfleurasi).

Berikut disajikan beberapa gambar pelaksaaan training hari ke-2. Sayang sekali, photo training hari-1 di Grand Hotel Lembang sedang dalam proses recovery akibat memory card-nya rusak :(

Keterangan gambar atas:
1. Berpose bersama di bawah spanduk training di kebon nilam dan sereh wangi
2. Panen nilam, euy. Yang sedang dipanen itu 1 pohon dapat menghasilkan 5 kg basah berkat perawatan yang baik dan penggunaan bokashi padat/cair serta pestisida nabati. Perhatian!! Tapi tidak semua pohon yang ditanam menghasilkan 5 kg, lho.
3." Lagi nyoba panen nilam, ya Bu. Hati-hati tangannya kepotong, lho...."
4. Lihat-lihat bengkel pembuatan alat penyulingan minyak atsiri.

Keterangan gambar bawah:
5. Briefing sebelum traning in practice di lapangan hari ke-2 yang dipimpin oleh saya sendir :)
6. Kang Deden sedang memberikan materi mengenai teknik pembibitan nilam.
7. Pohon/daun-daunan apa saja yang bisa digunakan pestisida nabati? Kang Asep selalu siap dengan segala ilmu dan pengalamannya mengenai pestisida nabati dan bokashi organik (padat & cair)
8. Jalan-jalan di alam pedesaan nan sejuk