Sunday, December 16, 2007

Minyak Akar Wangi

Pertanyaan Chandra:
Mas Feri perkenalkan nama saya Chandra, saya sangat terkesan dengan usia anda yg begitu belia udah menjadi dosen dan mempunyai seabreg ilmu pengetahuan dan pengalaman berusaha dalam bidang essential oils. Selagi surfing di web meng-google info tentang vertiver root oil saya terdampar di blog anda hehe. Ingin sekali saya bertemu dan konsultasi dg mas Feri mengenai minyak akar wangi. Bagaimana prospek minyak ini sekarang apakah masih menguntungkan untuk dijalankan?

Trims.

Jawaban Ferry:
Dear Mas/Pak Chandra….
Terima kasih atas apresiasinya.
Mengenai vetiver oil, Indonesia memproduksi vetiver oil dalam jumlah terbatas dan HANYA di Kabupaten Garut saja. Sejauh pengetahuan saya, belum ada satu daerahpun di Indonesia yang memproduksi minyak akar wangi selain di Garut karena memang kondisi agroklimat yang cocok untuk tanaman tersebut. Kalaupun ada, akar wanginya digunakan untuk keperluan kerajian angan (handy craft). Untuk pengembangan daerah lain, saya kira perlu studi agroklimat yang menyeluruh dan kebun percobaan supaya tingkat keberhasilan penanaman dan rendemen minyak yang dihasilkan baik.

Kalau bicara prospek, peluangnya masih sangat besar.
Mengenai menguntungkan atau tidak, semuanya tergantung pada optimalisasi produksi minyak, optimalisasi proses, dan sistem tanam yang baik. Produsen vetiver oil yang besar di dunia hanyalah Indonesia, Haiti, Kep. Reunion.

Salam,
-ferry-