Sunday, October 22, 2006

Diskusi Minyak Atsiri 2 (Minyak Cengkeh Hitam??)

Taken from milis Teknik-Kimia

Pertanyaan :

Salam kenal untuk semuanya, saya baru di sini ... so mohonbimbingannya yah :p ...Begini, saya mau nanya nih. Saya akan melakukan penelitian mengenaidistilasi minyak atsiri dari daun cengkeh. Saya ingin nanya kenapa yahMDC itu warnanya bisa hitam?adakah kandungan2 tertentu yg menyebabkanhal tsb? trus, apa yang bisa dilakukan agar minyak hasil distilasinya jernih? tengkyu ...

Jvo_cynthia

Tanggapan By. Risvank
Setahu saya pengaruh warna jernih atau hita,bergantungdari bahan dari veseelnya. Klo pake besi rata2 hitam,klo pake stainless steel hasilnya bisa kuning jernih.Kalau mau cari minyak daun cengkeh yang kuning ada didaerah yogyakarta dan banten kandungan eugenolnya ugatinggi sesuai standar.

Tanggapan By. Wahyudi
Salam TK
Dalam perdagangan clove leaf oil (CLO)/minyak daun cengkeh, warna tidak jadi pertimbangan. hal yang dipertimbangkan dari CLO adalah kandungan eugenol skitar 78-80%, yang dapat diukur dengan bantuan densitimeter. pasar CLO sebagian besar (80%) diserap di dalam negeri dan pemain utamanya adalah PT. indesso aroma. Kebutuhan mereka sekitar 20 ton CLO/hari.
Rendemen CLO dari daun sangat tergantung dari musim, musim hujan daun cenderung basah sehingga rendemen turun. Selain itu pada musim hujan bahan berupa daun kering susah diperoleh. harga CLO sekarang sekitar Rp. 30.000-32.000/kg.

CLO kemudian difraksinasi dengan produk utamanya adalah eugenol USP, sedangkan produk sampingnya berupa Caryophilene. Caryophilene saat ini belum ada pasarnya. Caryophilene bersifat stabil dan sifat fisiknya mirip dengan kerosin, oleh karena itu mereka menggunakannya sebagai biokerosin untuk bahan bakar boiler. Produk turunan eugenol adalah methyl eugenol, iso-eugenol. dari iso-eugenol dapat dibuat vanillin buatan.

terima kasih

Tanggapan By. Risvank
Memang yang diperlukan kadar eugenolnya, tapi padakenyataannya warna juga sangat dibutuhkan. Saya pernahmendapat order sebanyak 1,6 ton dari amerika dan diaminta warna yang kuning tidak mau yang hitam. Nahkebanyakan di Indonesia minyak daun cengkehnya hitamjadi aga kesulitan kloo mencari yang warna kuning.

Tanggapan By. Ferry
Benar sekali apa yg dikatakan oleh Pak Wahyudi. Saat ini memang pemain utama (di Indonesia) utk produk2 hilir cengkeh adalah PT Indesso Aroma dimana plant-nya terdapat di Cileungsi dan Purwokerto. Pasar minyak cengkeh sangat baik, jadi kalau memang memiliki sumber bahan baku yg baik, bisa lah nyuling minyak cengkeh. Investasinya murah kok.

Warna hitam pd CLO akibat dari ketel suling yg terbuat dari besi biasa (carbon steel). Jika ketelnya terbuat dar stainless, maka minyaknya menjadi jernih. Saya sudah buktikan sendiri di peralatan pilot plant yg saya miliki yg kebetulan terbuat dari stainless steel. Warna hitam terbuat berasal dari adanya ion logam (terutama Fe) yg terkontaminasi di dalam minyak.Kehadiran Fe 10 ppm sudah sanggup menghitamkan minyak cengkeh. Warna hitam akiba kontaminasi fe dapat dihilangkan menggunakan teknik pen-chelat-an atau pembentukan senyawa kompleks logam menggunakan conmplexing agent/chelating agent.

Tertarik dengan diskusi minyak atsiri?? Silakan bergabung ke milis
Atsiri-Indonesia@yahoogrouops.com

Ditunggu....
Salam,
-ferry-

Tanggapan By. Wahyudi
Salam TK
kenapa sebagian besar warna minyak cengkeh di Indonesia hitam? itu karena harga yang hitam dan yang bening (kuning) sama di tingkat eksportir di indonesia. memang kalau menggunakan penyulingan stailess steel warnanya bening (kuning) tapi investasi alatnya 4 kali lipat dibandingkan menggunakan besi biasa.

Untuk proses fraksinasi CLO tidak dibutuhkan warna yang jernih. Mungkin di amerika minyak cengkeh tersebut mau digunakan untuk aroma terapi, tapi untuk menjernihkan warna CLO sangat-sangat gampang, dan hampir semua eksportir bisa menjernihkannya sehingga mereka mau menerima warna yang hitam.
terima kasih

4 comments:

  1. Bagi yg berminat usaha minyak atsiri, saya tawarkan tempat penyulingan minyak daun cengkeh di daerah Serang Banten. Luas tanah 1300m2 dengan 3 katel suling kapasitas 700 kg. Harga nego, sangat menjanjikan. Hub Hendra di 0818835504 jika anda serius.

    ReplyDelete
  2. Minyak cengkeh di toko kami bening kehitaman, manfaatnya tetap sama tidak ya dengan yang bening. Terima kasih info blog ini sangat bermanfaat. Salam

    ReplyDelete
  3. saya ungin membuat minyak atsiri dari daun seledri, bagaimana peluang pemasarannya ? atas jawabannya saya ucapkan terimakasih

    dari Sri di kalimantan

    ReplyDelete
  4. To Ibu Sri: seledry yang biasanya disuling adalah bijinya. dalam perdagangan internasional dikenal jenis minyak atsiri ini. tetapi di Indonesia sangat tidak familiar sehingga agak sulit utk memasarkannya kecuali jika Ibu sudah punya pembeli yang berkomitmen utk membeli produk minyak seledri yg diproduksi.

    ReplyDelete

Silakan memberikan komentar untuk tulisan ini.......