Sunday, October 22, 2006

Economizer di IKM Penyulingan Minyak Atsiri

Pemanfaatan Panas Buang Gas Cerobong untuk Pemanas Mula Air Umpan Boiler di IKM Penyulingan Minyak Atsiri
(Studi Kasus : PT. Pavettia Atsiri Indonesia)

A. D.A. Feryanto
Jurusan Teknik Kimia – Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung
Jl. PHH Mustapha No. 23 Bandung
mantra_mantra_jingga@yahoo.com



ABSTRAK

Membengkaknya harga BBM yang hampir dua kali lipat beberapa waktu lalu sangat memukul sejumlah Industri Kecil Menengah (IKM) yang sangat bergantung pada ketersediaan sumber energi yang murah untuk menyokong keberlangsungan proses produksinya. Salah satu IKM tersebut adalah industri penyulingan minyak atsiri yang menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar untuk memproduksi kukus. Dengan semakin tingginya harga BBM yang tidak diimbangi oleh kenaikan harga minyak atsiri, maka keuntungan yang diperoleh pengusaha semakin menipis. Oleh sebab itu, perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengurangi konsumsi energi, salah satunya dengan memanfaatkan panas buang gas cerobong untuk pemanas mula air umpan boiler melalui sebuah economizer.

PT. Pavettia Atsiri Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Ciawi – Bogor memproduksi minyak pala (nutmeg oil) dengan konsumsi kukus jenuh 1 atm sebesar 100 kg/jam. Untuk keperluan tersebut dibutuhkan minyak tanah 13.5 liter/jam dengan waktu produksi rata-rata 24 jam/batch. Selama sebulan dapat dilakukan 20 batch produksi. Biaya operasional yang dibutuhkan untuk pembangkitan kukus adalah Rp 810.000,-/batch. Panas sensibel gas cerobong dimana temperaturnya masih sangat tinggi akan digunakan untuk pemanas awal air umpan boiler sehingga air dapat masuk boiler dengan temperatur 80 - 90oC sedangkan sebelumnya hanya 25 – 27oC.

Hasil kajian teknis dan ekonomis menyimpulkan bahwa secara keseluruhan efisiensi boiler meningkat 5,2% dengan penghematan bahan bakar 1,26 liter/jam atau setara dengan 30,2 liter/batch. Dengan harga minyak tanah di pasaran Rp 2.500,-/liter, maka dalam satu bulan diperoleh tambahan pendapatan Rp 1.510.000,-. Sementara itu, nilai investasi untuk modifikasi cerobong asap dengan menambah economizer dapat kembali dalam jangka waktu kurang dari 3 bulan (Pay Out Time).

4 comments:

  1. Mas Ferry

    Boleh tahu alamat penyulingan minyak palanya? Saya tertarik untuk mengembangkan usaha penyulingan minyak pala. Thanks, Hadi

    ReplyDelete
  2. Mas Ferry,
    pas aku lagi browsing, nemu orang yg seneng bgt ketemu PT. Pavittia Atsiri Indonesia :)

    -------------------------------------------------

    BERTEMU ESSENSIAL OIL LOVERS (Bahagianya…)
    March 5, 2009 at 7:18 am (Uncategorized)
    Bulan Februari lalu, saya mengikuti training minyak atsiri yang diadakan oleh PT. Pavittia Atsiri Indonesia, sebuah perusahaan produsen dan konsultan minyak atsiri di Bogor Jawa Barat. Acara diadakan di Bandung, tepatnya di kawasan Dago. Jadi sekalian bisa refresing.
    Tapi bukan itu yang membuat saya bahagia. Yang membuat saya takjub adalah betapa saya telah menemukan orang-orang yang mencintai minyak atsiri alias essensial oil dengan begitu dalam. Mereka bukan hanya sekedar memproduksi minyak2 itu lantaran bisnis semata. Tapi lebih dari itu, mereka mencintai minyak2 itu. Saya melihat mata mereka selalu berbinar jika bicara tentang minyak atsiri. Nada suaranya menampakkan antusiasme tinggi. Juga body language-nya, menarik sekali.
    Dalam hati saya berkata, “Wow… saya menemukan para pecinta.” Dan saya selalu bahagia berada di antara orang2 yang mencintai ’sesuatu’. Serasa saya melihat sebagian jiwa saya melebur bersama jiwa mereka. Karena saya pun mencintai minyak2 itu, saya pun mencintai minyak2 atsiri itu. I Love Essensial Oil… !!
    Jika mereka mencintai minyak atsiri dari sisi substansi dan teknisnya, maka saya mencintai minyak atsiri dari sisi lain. Saya mencintai khasiat dan aroma2nya. Saya mencintai beragam reaksi yang akan tercipta dari macam2 ramuan minyak aroma yang tersaji. Hingga saya selalu bilang, bahwa AROMA ITU BERBICARA. Maka dengarkan apa yang mereka katakan. Dengan begitu kita akan mengizinkan mereka membawa kita pada suatu nuansa yang indah. kita akan mampu menikmati ‘lezatnya’ aromatherapy.

    ReplyDelete
  3. salam kenal...
    mohon saya informasi lebih lanjut tentang pengolahan minyak sereh wangi...
    Thanks...

    ReplyDelete
  4. BUNG ANTHONIUS,
    Membaca pengalaman bung mengenai pencarian modal awal usaha,dan akhirnya proposal bisnis tembus ke kementrian ristek. Bila berkenan, bolehkah saya dikirimkan contoh proposal tersebut.karena saya juga mau mengajukan bisnis pengolahan biodiesel.

    Terimakasih atas perkenannya
    Anthonyus.
    anthonyus.er.p@gmail.com

    ReplyDelete

Silakan memberikan komentar untuk tulisan ini.......