Sunday, October 22, 2006

Diskusi Minyak Atsiri 3 (Minyak Atsiri di DTT Dieng??)

Taken from milis Teknik-Kimia

Pertanyaan:

Dear Pak Ferry,
Mengenai pertanyaan saya tentang minyak atsiri, dataran tinggi yang dimaksud adalah dataran tinggi Dieng, di daerah sekitar Wonosobo dan Banjarnegara. Mengenai ketinggian persisnya, maaf saya kurang tahu Pak.Menurut pengetahuan dan pengalaman Pak Ferry, kira-kira tanaman apa ya pak yang cukup potensial baik dalam kemudahan penanaman, pemeliharaan, pemurnian dan penjualan?Saya tinggal di Wonosobo cukup lama dan saya ingin membuka kesempatan kerja bersama teman-teman saya disana.

Kemudahan ini cukup penting mengingat teknologi dan pendidikan para pekerja di wonosobo belum terlalu baik seperti daerah-daerah lain. Dengan UMR yang cukup rendah dan banyak area yang belum termanfaatkan, saya dan teman-teman disana ingin melihat peluang di minyak atsiri ini.Atas perhatian Pak Ferry, saya ucapkan terima kasih.

Danu


Tanggapan By. Ferry.

Dear Danu.....and all.
First, please dont call me "Pak". I'm still young learner :p U can call me just even a name.

Menurut saya suatu niat yg mulia utk memulai menciptakan lapangan kerja buat rekan2 kita di sana yg belum beruntung. Sama seperti saya pertama kali memulai hal-hal spt ini (in case for essential oil production), apalagi skripsi saya dulu tentang minyak atsiri. (Terima kasih untuk Pak Arsa dan Pak Tatang Hernas - TK ITB yg sudah membimbing saya, tidak sia-sia Pak karena saya sudah berhasil mewujudkannya menjadi real meski masih harus merangkak2). Harus trs dipupuk idealisme itu supaya tidak lekang dimakan zaman...hehe.

Dataran tinggi Dieng...?? Mmmhhh...ngga jauh2 dari saya, lha wong saya ini aslinya orang Temanggung jee.. Bisa tanam beberapa jenis minyak atsiri di sana, kalau mau cepat panen pilihannya adalah nilam dan sereh wangi. Untuk minyak nilam, di Jateng sudah banyak tuh. Coba deh sekali2 kalau ada waktu senggang (liburan) survey ke karesidenan Banyumas (Purwokerto, Banjarnegara, banyumas, dsk), banyak sekali produsen dan petani nilam di sana. Juga Semarang dan sekitarnya (Kendal, Batang, dll), atau Yogja dan sekitarnya (bantul, sleman). Makanya kalau mau ke minyak nilam nanti malah disangka ikut2an dan ngga kreatif...:p. So...lebih tepat menurut saya minyak sereh wangi, pemasarannya pun msh sangat bagus.

Tapi sebelum beraksi, lebih baik studi kelayakan dl. Bikin demplot 100 - 200 m2 di sana, coba-coba tanam sendiri, nyari bibit yg bagus, pupuk ini - pupuk itu, hitung produktivitasnya, hitung loss-nya, coba suling skala pilot, lihat rendemennya, hitung bahan bakar dan tenaga kerjanya, pikirkan jalur pemasaran, cari jaringannya, pelajari mekanismenya, hitung untung-ruginya, trs berfikir bagaimana menggerakkan masyarakat di sana supaya mau nanam tanaman itu kalau propsektif, studi banding ke penyuling lain di desa2. Tenang aja, itu baru seberapa...msh banyak aktivitas yg harus dilakukan, jangan menyerah ya. Untuk hal-hal seperti inipun (non-teknis), chemical engineers mind sangat berguna lho....percaya deh sama saya...:) Pokoknya ngga sia-sia lah pernah kuliah di Teknik Kimia. Banyak ilmu dasarnya yg bisa dijadikan filosofi kehidupan.

Selamat mencoba.. terus berjuang. Banyak jalan bagi anda jika mau berfikir...berfikir...berusaha..dan berdoa...:) dan jangan manja apalagi males....hehehe.

salam,
-ferry-

Tanggapan By. Ono

Salut euy... Te-O-Pe lah pokoknya. Seorang engineer (eh masih calon yaa) memiliki niat luhur menciptakan lapangan kerja buat masyarakat di sekitarnya. Dari sini dari jauh saya dukung secara moral deh hehehe. Keep spirit...!! Btw, Mas Ferry kalo buku yang ngebahas mengenai minyak atsiri dari mulai potensi alamnya, prospek pasarnya sampai ke proses pengolahannya ada ga yaah...?!Paling tidak ngebahas tentang potensi alam dan proses pengolahannya. Kalo ada let me know dong...!! Best Regards, OTA *** Seorang Pekerja bukan Wirausaha

Tanggapan By. Ferry

Hello Mas Oon....:p
Wah..IKPT mau ekspansi di minyak atsiri nih....hehehe. Tenang aja, ngga perlu pakai engineering2an segala..:)

Untuk buku-buku, rujukan umum adalah Ernest Guenter jilid I - V. Yang terjemahan juga ada. Kamu khan org Bandung, jadi kl pulang ke Bandung mampir ke aja bursa buku Palasari. Di sana msh banyak buku Guenther terjemahan (asli) dan harganya murah. Terus kalau yg lainnya...jalan2 ke toko buku Gramedia atau Gunung, lihat di bagian pertanian/agribisnis, di sana pasti ada buku2 tentang atsiri dan budidayanya.
Kalau pengen lengkap (dari hasil kajian2 peneliti dan akademisi), jalan2 saja ke perpustakaan Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balitro) di Bogor, Fakultas Teknologi Pertanian - IPB, Balai Besar Industri Agro (BBIA) di Bogor. Minta cuti lah 1 hari aja, tp waktunya digunakan secara maksimal.
Terus kalau mau yang riil, kalau pulang ke Bandung (Sabtu - Minggu) mainlah sekalian jalan ke Cililin atau Gunung Halu di Kab. Bandung (Selatan) di sana ada pertanian nilam dan sereh wangi. Ngobrol2 sama petaninya atau cari aja koperasi minyak atsiri di sana dan silakan wawancara. Anda akan dapatkan hasil dan data yg real.
Pemasaran, kalau cuma belajar dr buku2 menurut saya tidak akan banyak membantu (tapi bermanfaat) karena hanya memberikan gambaran secara global. Harus turun langsung dan berdiskusi langsung dengan para pemainnya dengan cara ya...jalan2 ke desa2 yg ada penyulingan myk atsiri.
Nah dengan jalan2 itu.....kali2 aja ente bisa kerjasama dengan penyuling2 itu dengan memberikan modal kerja tambahan dengan sistem bagi hasil (itu kalau anda tidak mau susah2 bikin perencanaan bisnis). Tinggal amati dan perhatian orgnya saja apakah dia bisa dipercaya atau tidak.

Apalagi ya??? Aku berbicara di atas karena sudah melakukan lho....hehe. Jadi ngga asal ngomong gitu. Atau Ono juga bisa belajar banyak dari teman seangkatanmu, si Awal Ramadhan itu (TK-2000) dari zaman mahasiswa dl sdh sering jalan2 ke penyulingan2 atsiri, khabarnya sekarang mengembangkan penyulingan minyak massoi di Papua. Atau Atip (TK-1999) yg mengembangkan minyak biji bunga matahari di Blitar. Everything is gonna be OK with strong determination.

OK sukses selalu..

Salam,
-ferry-

1 comment:

  1. mas ferry,saya lagi nyari artikel tentang budidaya,proses persiapan destilasi dan destilasi kayu putih.bisa kasih tahu saya sumber referensi yang komplit nggak?soalnya udah nyari di gramedia jogja sampe kaki ngilu nggak dapet2 :D
    sama mau tanya daerah temanggung(kandangan) cocok nggak buat budidaya kayu putih?
    trimakasih sebelumnya

    (panggih)
    panggiehkrisna@gmail.com

    ReplyDelete

Silakan memberikan komentar untuk tulisan ini.......